VISI, MISI, TUJUAN SEKOLAH


1.      Visi
“ Terwujudnya anak Autis yang mandiri, berbudaya dan berkarakter bangsa sesuai dengan kemampuannya berdasarkan Iman dan Taqwa “
INDIKATOR VISI SLB AUTISMA DIAN AMANAH
a.       Mampu mandiri
Anak dapat merawat dirinya sendiri
-          Mampu mandi sendiri
-          Mampu memakai sabun mandi sendiri
-          Mampu mencuci rambut sendiri
-          Terbiasa menggosok gigi sendiri
-          Mencuci tangan sebelum makan
-          Mampu membersihkan diri sehabis buang air kecil maupun bab
-          Mampu membersikan sendiri saat menstruasi.
-          Mampu memakai pakaian  sendiri
b.      Memiliki ketrampilan kecakapan hidup
-          Mampu menyiapkan peralatan mandi
-          Mampu menyiapkan dan merawat pakaiannya sendiri
-          Mampu merawat kamar tidur sendiri
-          Mampu menyiapkan makan dan merawat peralatan makan sendiri
-          Mampu mengembangkan diri sesuai bakat dan kemampuannya.
-          Mampu bekerja di dunia usaha dan industri
c.       Berbudaya dan berkarakter bangsa
-          Anak terbiasa memberi salam
-          Anak terbiasa mengikuti peraturan
-          Anak terbiasa berlaku ramah
-          Anak mampu bersosialisasi secara wajar
-          Anak terbiasa berbicara sopan
d.      Iman dan Taqwa
-   Anak dapat berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
-   Anak terbiasa beribadah sesuai dengan agamanya
-   Anak berperilaku jujur
-   Anak dapat saling menghargai antar sesama pemeluk agama lain
-   Anak memiliki rasa kasih sayang terhadap teman / sesama manusia

2.      Misi
a.       Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran bagi penyandang autisma sesuai dengan tingkat kemampuannya.
b.      Menyelenggarakan Kegiatan Belajar Mengajr yang aktif,inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
c.       Menumbuhkembangkan pengamalan agama dan budaya luhur bagi semua warga sekolah
d.      Menyelenggarakan pendidikn yang berkelanjutan dari TKLB, SDLB,SMPLB,dan SMALB
e.       Meningkatkan kualitas dan kuantitas .tenaga pendidik dan kependidikan melalui peningkatan kualifikasi, uji kompetensi, pengiriman diklat dan pertemuan-pertemuan ilmiah.
f.       Menyelenggarakan Pendidikan Keberbakatan
g.      Pengadaan sarana prasarana sekolah yang memenuhi Standar Nasional.
h.      Pengadaan tenaga ahli dibidang terapis wicara dan perilaku.
i.        Menyelenggarakan usaha produktif.
j.        Menjalin hubungan kerja sama dengan instansi pemerintah, masyarakat, dunia       usaha dan industri
k.      Meningkatkan citra, harkat dan martabat anak autis, sehingga tidak mendapatkan perlakuan yang diskriminatif dari pihak manapun.

3.      Tujuan
a.       Mempersiapkan peserta didik untuk dapat mandiri (menolong diri-sendiri)
b.      Tersusunnya KTSP  untuk SLB Autis yang sesuai dengan standar nasional pendidikan dan sesuai dengan kondisi serta kebutuhan siswa..
c.       Semua guru telah melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan Pakem dan CTL
d.      Terwujudnya manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah yang ditunjukkan dengan kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas
e.       Semua guru telah bersertifikasi profesi
f.       Memiliki ruang kelas, ruang kepala sekolah, ruang sensori integrasi dan ruang asesmen/ruang program khusus yang refresentatif dari jumlah dan kualitasnya
g.      Memiliki kegiatan non akademik.
h.      Siswa dapat hidup bersosialisasi dan diterima oleh masyarakat tanpa ada diskriminasi.
i.        Memiliki jalinan kerjasama dengan pemerintah, swasta dan instansi terkait.
j.        Semua anak yang mendaftar dapat diterima di sekolah.
k.      Memiliki lahan yang luas untuk pengembangan sekolah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL SEJARAH PENDIRIAN SEKOLAH