VISI, MISI, TUJUAN SEKOLAH
1.
Visi
“ Terwujudnya anak Autis yang mandiri, berbudaya dan
berkarakter bangsa sesuai dengan kemampuannya berdasarkan Iman dan Taqwa “
INDIKATOR VISI SLB AUTISMA DIAN AMANAH
a.
Mampu mandiri
Anak dapat merawat dirinya sendiri
-
Mampu mandi sendiri
-
Mampu memakai sabun mandi sendiri
-
Mampu mencuci rambut sendiri
-
Terbiasa menggosok gigi sendiri
-
Mencuci tangan sebelum makan
-
Mampu membersihkan diri sehabis buang
air kecil maupun bab
-
Mampu membersikan sendiri saat
menstruasi.
-
Mampu memakai pakaian sendiri
b. Memiliki
ketrampilan kecakapan hidup
-
Mampu menyiapkan peralatan mandi
-
Mampu menyiapkan dan merawat pakaiannya
sendiri
-
Mampu merawat kamar tidur sendiri
-
Mampu menyiapkan makan dan merawat
peralatan makan sendiri
-
Mampu mengembangkan diri sesuai bakat
dan kemampuannya.
-
Mampu bekerja di dunia usaha dan
industri
c. Berbudaya dan
berkarakter bangsa
-
Anak terbiasa memberi salam
-
Anak terbiasa mengikuti peraturan
-
Anak terbiasa berlaku ramah
-
Anak mampu bersosialisasi secara wajar
-
Anak terbiasa berbicara sopan
d. Iman dan Taqwa
- Anak dapat
berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
- Anak terbiasa
beribadah sesuai dengan agamanya
- Anak
berperilaku jujur
- Anak dapat
saling menghargai antar sesama pemeluk agama lain
- Anak memiliki rasa kasih sayang terhadap
teman / sesama manusia
2.
Misi
a. Menyelenggarakan
pendidikan dan pembelajaran bagi penyandang autisma sesuai dengan tingkat
kemampuannya.
b. Menyelenggarakan
Kegiatan Belajar Mengajr yang aktif,inovatif, kreatif, efektif dan
menyenangkan.
c. Menumbuhkembangkan
pengamalan agama dan budaya luhur bagi semua warga sekolah
d. Menyelenggarakan
pendidikn yang berkelanjutan dari TKLB, SDLB,SMPLB,dan SMALB
e. Meningkatkan
kualitas dan kuantitas .tenaga pendidik dan kependidikan melalui peningkatan
kualifikasi, uji kompetensi, pengiriman diklat dan pertemuan-pertemuan ilmiah.
f. Menyelenggarakan
Pendidikan Keberbakatan
g. Pengadaan
sarana prasarana sekolah yang memenuhi Standar Nasional.
h. Pengadaan
tenaga ahli dibidang terapis wicara dan perilaku.
i.
Menyelenggarakan usaha produktif.
j.
Menjalin hubungan kerja sama dengan
instansi pemerintah, masyarakat, dunia
usaha dan industri
k. Meningkatkan
citra, harkat dan martabat anak autis, sehingga tidak mendapatkan perlakuan
yang diskriminatif dari pihak manapun.
3.
Tujuan
a. Mempersiapkan
peserta didik untuk dapat mandiri (menolong diri-sendiri)
b. Tersusunnya
KTSP untuk SLB Autis yang sesuai dengan
standar nasional pendidikan dan sesuai dengan kondisi serta kebutuhan siswa..
c. Semua
guru telah melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan Pakem dan CTL
d. Terwujudnya
manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah yang ditunjukkan dengan
kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas
e. Semua
guru telah bersertifikasi profesi
f. Memiliki
ruang kelas, ruang kepala sekolah, ruang sensori integrasi dan ruang
asesmen/ruang program khusus yang refresentatif dari jumlah dan kualitasnya
g. Memiliki
kegiatan non akademik.
h. Siswa
dapat hidup bersosialisasi dan diterima oleh masyarakat tanpa ada diskriminasi.
i.
Memiliki jalinan kerjasama dengan
pemerintah, swasta dan instansi terkait.
j.
Semua anak yang mendaftar dapat diterima
di sekolah.
k. Memiliki
lahan yang luas untuk pengembangan sekolah.
Komentar
Posting Komentar